Search

Beredar Isu Internet Mati Malam Ini, Kominfo Bantah

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah kabar yang sempat beredar di layanan pesan instan WhatsApp yang berisi informasi bahwa pihak Kementerian Kominfo akan mematikan akses internet pada pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB.

"Informasi tersebut tidak benar. Pemerintah hanya lakukan pembatasan akses terhadap sosial media dan messaging app," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (23/5).

Sebelumnya, beredar informasi di aplikasi WhatsApp bahwa Kemenkominfo akan mematikan akses layanan internet di seluruh kota di Indonesia mulai pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Selain itu, pesan yang dikirim oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu berisi informasi hoaks terkait sejumlah sosial media tengah dipantau seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

"Menginformasikan bahwa sinyal internet untuk di berhentikan di seluruh Indonesia mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB," kata pengirim pesan yang tidak dikenal melalui pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (23/5).

"Semua aktivitas ponsel dan lain-lain terpantau 100 persen. Mulai besok sudah berlaku, semua panggilan dicatat, semua panggilan telepon tersimpan, WhatsApp dipantau, Twitter dipantau, Facebook dipantau, semua media sosial dan forum dimonitor."

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan gangguan media sosial akan berlangsung selama tiga hari.

Menurut Menkominfo Rudiantara, gangguan media sosial ini dilakukan bertahap dan sementara. Akibatnya, pengguna akan kesuliutan ketika mengunduh atau mengunggah foto dan video karena aksesnya melambat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran hoaks lewat media sosial. Sebab, penyebaran video dan foto ini punya pengaruh psikologis yang sangat besar bagi penerimanya. (din/eks)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia http://bit.ly/2wgKQgy
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beredar Isu Internet Mati Malam Ini, Kominfo Bantah"

Post a Comment

Powered by Blogger.