Search

Mesin 4-Silinder Turbo Terbaru Diklaim Tenaganya Paling Besar

Jakarta, CNN Indonesia -- Mesin dengan konfigurasi ruang bakar 4-silinder segaris merupakan salah satu dapur pacu paling populer di dunia. Pengembangan mesin ini dilakukan hampir semua pabrikan besar di dunia dan kini Mercedes-Benz mengklaim telah berhasil merancang unit yang sanggup menyemburkan tenaga paling besar.

Mesin itu, desain baru M 139, 4-silinder segaris berkapasitas 1.991 cc, dirancang divisi performa Mercedes-Benz, AMG. Ada dua versi mesin ini, standar yang menghasilkan 382 hp dan torsi 480 Nm serta S dengan luapan 416 hp dan 500 Nm.

Torsi maksimal di kedua mesin datang pada putaran mesin tinggi, mesin standar pada 4.750 - 5.000 rpm dan S pada 5.000 - 5.250 rpm. Artinya mesin ini didesain buat 'tarikan' kuat di atas yang khas dimiliki mobil performa.

Mesin ini punya basik penggunaan twin-scroll turbocharger dengan tingkat boost 2,1 bar pada versi S dan 1,9 bar pada standar. Autoblog menjelaskan, turbocharger itu mendapat pendinginan dari sistem intercooler kombinasi udara dan cairan. Sedangkan mesin dijaga tetap dingin dari radiator di belakang gril dan aliran udara dari tiap ruang roda.

Mesin ini juga dikatakan diorientasikan terbalik 180 derajat dari mesin pendahulunya yang sudah digunakan pada Mercedes-AMG CLA 45, GLA 45, dan A 45. Hal itu dipelajari dari arah exhaust manifold dan turbo yang menghadap ke belakang.

Asumsinya, perubahan itu agar menghindari aliran gas buang dari lekukan pipa yang pada akhirnya menjadi lebih lancar dan membantu proses pembakaran. Sama seperti mesin AMG lain yang lebih besar, satu unit M 139 dirakit satu pegawai di pabrik.

Dalam keterangan resmi, Mercedes-Benz mengatakan pengembangan M 139 menghasilkan 'mesin seri produksi 4-silinder turbocharged terkuat di dunia".

Motor1.com memberikan perbandingan, mesin 4-silinder 2.000 cc pada Mitsubishi Lancer Evolution FX-440 MR dibuat menghasilkan 440 hp. Namun mobil ini dijual terbatas, cuma 40 unit hanya di Inggris. (fea)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia http://bit.ly/2Z9TI3L
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mesin 4-Silinder Turbo Terbaru Diklaim Tenaganya Paling Besar"

Post a Comment

Powered by Blogger.