Search

Subronto Laras Buka Suara soal Indomobil Resmi Akuisisi Kia

Jakarta, CNN Indonesia -- Indomobil Grup resmi mengakuisisi penjualan Kia di Indonesia. Akuisisi tersebut dengan membentuk perusahaan patungan bersama PT Sarimitra Kusuma Ekaja yang diberi nama PT Kreta Indo Artha.

Hal ini diketahui berdasarkan surat selebaran yang ditujukan Indomobil kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) tertanggal 17 Mei 2019.

Pada surat itu terlampir bahwa Indomobil Sukses Internasional bersama Sarimitra Kusuma Ekajaya membentuk usaha patungan bernama Kreta Indo Artha dengan status penanaman modal dalam negeri yang bergerak pada bidang perdagangan dan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Disebutkan dalam selebaran tersebut nilai transaksi atau modal dasar perusahaan patungan mencapai Rp100 miliar, dan dana yang baru disetor Rp25 miliar, dengan komposisi Rp15 miliar dari Indomobil dan 40 persennya atau Rp10 miliar dari Sarimitra Kusuma Ekaja.

"Tujuan transaksi menjalankan usaha perdagangan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan menggunakan merek KIA," demikian isi surat yang ditandatangani dua pejabat Indomobil, yakni Direktur Utama Jusak Kertowidjojo dan Direktur Bambang Subijanto itu.

Presiden Komisaris Indomobil Sukses Internasional Subronto Laras membenarkan akuisisi tersebut saat dihubungi hari ini Jumat (28/6).

Menurut Subronto Kia telah diakuisisi 100 persen, sehingga seluruh kegiatan bisnis yang berhubungan dengan merek asal Korea Selatan tersebut akan melalui Indomobil.

"Rasanya diambil alih semua," kata Subronto kepada CNNIndonesia.com.

Kegiatan bisnis baru itu pun sudah berjalan dengan menjadikan kantor pusat Indomobil sebagai salah satu tempat bernaung mobil Kia.

"Lantai satu Indomobil sudah jadi showroom Kia. Kan ada Volkswagen juga di atasnya. Tapi detil saya belum tahu pasti," kata Subronto.

Di Indonesia, Indomobil merupakan grup otomotif terbesar kedua setelah Astra International. Setelah melepas keagenan Renault, Indomobil kini masih mengendalikan merek Nissan, Datsun, Suzuki, Audi, Volkswagen, Volvo, Hino, dan kini KIA.

Sementara itu, Presiden Direktur KMI Iki Wibowo yang dihubungi sejak kemarin pada Kamis (27/6) belum merespons.

(ryh/mik)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2RDIhPt
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Subronto Laras Buka Suara soal Indomobil Resmi Akuisisi Kia"

Post a Comment

Powered by Blogger.