Search

Nissan Usai Setop Produksi Datsun: Fokus ke Mobil Listrik

Jakarta, CNN Indonesia -- Keputusan Nissan menghentikan produksi Datsun di Indonesia kemungkinan berkaitan dengan rencana pengembangan mobil berteknologi listrik. Selain menjelaskan alasan penghentian, Kementerian Perindustrian (Kementerian) juga mengungkap kemungkinan ada lokalisasi baru Nissan di dalam negeri usai pemberhentian Datsun.

"Datsun dengan Nissan satu grup, cuma mereka fokus untuk pengembangan Nissan Livina, Nissan Leaf, dan e-Power sesuai dengan harapan pemerintah terkait program LCEV [Low Carbon Emmission Vehicle] program dan didukung dengan PPNBM melalui PP 73 /2019," kata Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto, Senin (25/11).

Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah sejak tahun lalu mempromosikan mobil listrik e-Power. Mobil ini unik sebab berupa mobil listrik murni yang tetap membawa mesin konvensional sebagai generator. NMI juga sudah pernah membawa Leaf ke Indonesia

"Study untuk battery assembly untuk model e-Power dan CKD dan eksplorasi LEAF dalam pilot project ke berbagai institusi pemerintah," kata Harjanto.

Nissan disebut Harjanto bakal menghentikan produksi Datsun pada Januari 2020. Keputusan itu dikatakan sudah dilaporkan ke pihaknya atas alasan faktor skala ekonomi.

Pabrik Nissan yang saat ini memproduksi Datsun akan dialihkan memproduksi mesin 1.500 cc. Mesin ini kemudian dikirim ke pabrik Mitsubishi Indonesia agar dipakai untuk memproduksi Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander.

"Proses produksi mesin tersebut akan diteruskan menjadi kendaraan new livina yang diproduksi bersama dengan PT Mitsubishi, aliansi grup antara Nissan dan Mitsubishi," kata dia.

Nissan memproduksi tiga model Datsun, yaitu GO, GO+, dan Cross. Belum ada kepastian kelanjutan bisnis Datsun di Indonesia usai produksinya dihentikan.

Harjanto tidak mengetahui masa depan nasib Datsun Indonesia pasca produksi di pabrik Nissan usai. Tapi menurut dia, Nissan punya strategi lain namun tidak menyertakan mobil Datsun di dalamnya. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/37B7Ecj
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nissan Usai Setop Produksi Datsun: Fokus ke Mobil Listrik"

Post a Comment

Powered by Blogger.