Search

Berkat GrabExpress, Bakso Empal Sapi Surabaya Dapat Bersaing

Jakarta, CNN Indonesia -- Umumnya empal sapi dikenal sebagai penganan yang digoreng. Tapi pasangan suami-istri Fuady dan Indah menjual bakso berbahan empal sapi. Makanan olahan yang unik ini merupakan usaha turun-temurun dari keluarganya.

Meski usahanya sudah dirintis sejak lama, mereka mengaku terus menginovasikan produk dagangannya, antara lain meningkatkan variasi produk bakso dan menjual dalam kemasan beku (frozen food). Sebab persaingan di dunia kuliner yang semakin ketat bukan datang dari penjual konvensional, tapi juga dari online seller.

"Karena banyaknya permintaan, akhirnya kami buatkan bakso beku (frozen food) sebagai produk yang siap untuk dijual. Pokoknya mengikuti tren bakso saat ini. Sesuai permintaan pasar. Tapi yang produk basic tetap ada, itu tadi kan pengembangannya," ujar Fuady di Surabaya, Rabu (8/1).

Bertambahnya varian bakso rupanya juga berbanding lurus dengan permintaan pelanggan yang meningkat signifikan. Selain dari dalam kota, permintaan juga banyak datang dari luar kota. Kemudian Fuady memutuskan menggunakan layanan pengiriman GrabExpress untuk mengantarkan dagangannya ke konsumen.

"Karena semakin banyak, kami tidak bisa mengirim sendiri lagi ke para pelanggan. Ternyata ada layanan kurir dari Grab namanya GrabExpress yang cepat, mudah digunakan, dan aman. Akhirnya kami pakai itu," ujarnya.

Pada hari-hari biasa, Bakso Empal Sapi biasanya mengirim rata-rata bisa sampai 15 kali pengiriman. Namun pada momen-momen tertentu, Bakso Empal Sapi bisa mengirim sebanyak 40 kali pengiriman.

"Untungnya GrabExpress punya fitur multidestinasi yang bisa mengirimkan hingga 5 alamat berbeda dalam satu pesanan. Jadi saya tidak perlu pesan 5 kurir yang berbeda, cukup 1 kurir saja," ujarnya.

Menurutnya, banyak juga pelanggan yang sudah mengetahui tempatnya berjualan. Bagi mereka yang tidak bisa datang langsung, pihaknya siap mengantarkan pesanan tersebut dengan GrabExpress.

"Sebelum bergabung dengan GrabExpress kami sangat kerepotan, capek di jalan. Tetapi kini semua sudah serbapraktis. Fitur pelacakan langsung lokasi kurir, juga membantu saya dan pelanggan untuk tahu lokasi kurir. Jadi semuanya jelas dan bisa diukur," katanya.

Menurut Fuady, semakin cepat pengiriman kepada pelanggan, akan semakin menjaga kepercayaan pelanggan. Pelanggan juga merasa senang karena produk bisa langsung dikirim setelah mereka selesai transfer pembayaran.

"Bisa pakai fitur GrabExpress Nalangin. Jadi mitra pengemudi membayarkan barang terlebih dahulu kepada kami, lalu pelanggan tinggal mengganti uang kepada mitra pengemudi saat barang diterima," tambahnya.

Kini, Bakso Empal Sapi telah genap satu tahun menjadi mitra GrabExpress. Perubahan yang terjadi pun begitu pesat. Hal ini membuat Fuady dan Indah rela meninggalkan pekerjaan sebelumnya untuk fokus mengembangkan bisnis. Apalagi di era digital seperti saat ini media sosial dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis.

"Bisa dikatakan, justru marketing saat ini sangat bergantung ke teknologi. Sekalian kalau bisnis ini bisa dilakukan di rumah sambil mengurus anak," ujarnya. (fef)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2Fx9k9H
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkat GrabExpress, Bakso Empal Sapi Surabaya Dapat Bersaing"

Post a Comment

Powered by Blogger.