Pakoe Boewono X memesan mobil itu melalui perusahaan Prottle & Co yang bermarkas di Passer Besar, Surabaya, Jawa Timur. Mobil yang datang dari Eropa itu dibeli dengan nilai transaksi 10 ribu Gulden.
![]() |
Beda dari Paten-Motorwagen dengan tiga roda kayu, Victoria Phaeton memiliki empat roda karet yang sangat keras. Mesin Victoria Phaeton yang berada di belakang berkapasitas 2.000 cc satu silinder yang menghasilkan 5 hp.
Kehadiran Victoria Phaeton di Indonesia sempat dianggap aneh sebab alat transportasi yang paling umum digunakan adalah kereta kuda. Masyarakat yang melihat kendaraan bisa berjalan tanpa ditarik kuda menyebut Victoria Phaeton sebagai 'kereta setan'.
Setelah membeli Victoria Phaeton, 13 tahun kemudian atau tepatnya pada 1907 Pakoe Boewono X juga membeli mobil buatan Daimler bernama Britze Daimler yang menggendong mesin empat silinder bertenaga 45 hp.
Pada 1934, merek ternama dari Daimler AG, Mercedes-Benz membawa mobil 500 K yang punya mesin
5.000 cc delapan silinder supercharger ke dalam negeri. Tanpa supercharger tenaga yang disemburkan mobil ini 100 hp, tapi jika teknologi itu aktif mesin dapat melepas tenaga 160 hp.
Kecepatan tertinggi 500 K yakni 160 km per jam, itu merupakan sesuatu hal yang luar biasa mengingat bobot keseluruhan tipe 500 K sangat berat.
Benz merupakan salah satu pendiri grup Daimler yang memiliki merek ternama Mercedes-Benz. Sejarah Mercedes-Benz di Indonesia sudah diukir sejak 50 tahun yang lalu.
![]() |
Sejarah Otomotif Indonesia
Berdasarkan buku Kreta Setan (de duivelswagen), Autopioniers van Insulinde, F.F Habnit, moesson reeks, 1977, yang dirangkum James Luhulima di buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri ini, Penerbit Buku Kompas, 2012, sejarah otomotif Indonesia bukan dimulai dari mobil melainkan motor.
Setahun sebelum Victoria Phaeton mendarat di Indonesia, tepatnya pada 1893, kendaraan bermotor pertama yang berada di Indonesia adalah motor Hildebrand und Wolfmüller. Orang yang membawa masuk motor itu adalah John C Potter. (ryh/fea)
from CNN Indonesia https://ift.tt/37bLyLP
via IFTTT
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Asal-usul Mobil Pertama di Indonesia, Dimulai dari Solo"
Post a Comment