Selain Auto2000, Toyota Astra Motor (TAM) diketahui memiliki beberapa rekanan grup dealer seperti Tunas, Astrido, hingga grup milik mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni Kalla Group.
"Market share Toyota masih tinggi dan kontribusi Auto2000 masih bagus terhadap jualan Toyota," kata CSD & Marcomm Departement Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani, Sabtu (8/2).
Penjualan Toyota 2019 berjumlah 330 ribuan unit, sementara Auto2000 mengklaim mampu menjual mobil-mobil merek Toyota secara retail 136.550 unit. Tahun ini target penjualan Auto2000 sama, atau lebih naik sedikit dari 2019.
Jumlah itu pun diklaim menjadi yang terbesar di antara grup dealer Toyota lain di dalam negeri.Hanya saja penjualan Auto2000 pada 2019 turun dibanding 2018 dengan mengemas 151.200 unit. Namun, angka itu selaras dengan lesunya penjualan total Toyota yang turun 5,7 persen dari tahun sebelumnya.
Setali tiga uang, penjualan mobil secara nasional pada 2019 terekam anjlok 10 persen ketimbang tahun sebelumnya, yakni hanya mencapai 1.030.126 unit.
Tantri mengatakan penjualan menciut bukan semata karena persaingan antar-dealer Toyota yang dianggapnya sebagai rekan. Ia mengatakan yang terpenting bagaimana Auto2000 meramu strategi agar dapat 'mengikat' konsumen sebanyak-banyaknya.
"Auto2000 berusaha mencari value (nilai) tambahan untuk pelanggan. Jadi pelanggan yang akan milih, value yang mana yang akan mereka ambil," ungkapnya.
[Gambas:Video CNN]
Ketatnya persaingan antara sesama group dealer Toyota diamini oleh Kepala Cabang Auto2000 Glodok Evi Soviasari. Evi menyampaikan di wilayah Jakarta Barat saja kini sudah berdiri 12 outlet Toyota dan enam di antaranya Auto2000.
Selain itu, terdapat belasan dealer dari merek lain di kawasan yang sama. Yakni, Honda enam dealer, Daihatsu enam dealer, Mitsubishi empat dealer, Suzuki empat dealer, Wuling empat dealer, dan Nissan empat dealer.
"Jadi ya cukup ketat. Tapi kami sesama dealer Toyota kompak. Kami biasa ada pertemuan rutin antara dealer di region yang sama dengan pihak TAM. Selain untuk membahas program terbaru, kondisi market, pricing, kami juga biasanya sharing tentang competitor movement," ucap Evi.
Menurut Evi persaingan tidak bisa dihindari, tapi setidaknya pihaknya dapat merancang strategi untuk memberi kontribusi maksimal. Dalam datanya Evi menyampaikan penjualan Auto2000 Glodok pada 2019 naik jadi 854 unit dan 2018 sebesar 745 unit.
"Ya kami cari cara juga supaya jualan naik, dari merombak kantor supaya karyawan lebih semangat jualan, dan lain sebagainya," kata Evi.
(ryh/DAL)from CNN Indonesia https://ift.tt/31Deprg
via IFTTT
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Auto2000 Tak Anggap Dealer Toyota Lain Sebagai Pesaing"
Post a Comment