Search

Cara Gunakan 'Emergency Button' Grab Ketika dalam Bahaya

Jakarta, CNN Indonesia -- Insiden penculikan gagal yang dialami penumpang Grab berinisial T beberapa waktu lalu tengah menjadi perbincangan publik. Ia selamat dari percobaan penculikan yang dialaminya usai  menggunakan emergency button.

Tindakan yang dilakukan T itu patut ditiru oleh pengguna layanan transportasi online. Pasalnya ia tahu kapan memanfaatkan tombol darurat besutan Grab itu dengan tepat, sehingga bisa menghindari potensi kejahatan lebih lanjut.

Untuk meminimalisasi potensi kejahatan yang dialami selama perjalanan, Grab menghadirkan fitur tombol darurat. Fitur yang telah disediakan sejak Mei 2018 ini bisa didaftarkan hingga tiga kontak darurat.

Selain itu, penumpang bisa melaporkan kejadian dan meminta tindak lanjut atas kejadian yang dialami oleh pihak Grab. Adapun cara menggunakan tombol darurat (emergency button) Grab yang perlu diketahui oleh penumpang, sebagai berikut.

1. Tambahkan 'Kontak Darurat'
Untuk mengisinya, Anda cukup masuk ke halaman 'Account', kemudian pilih 'Emergency Contact'. Lalu tambahkan maksimal tiga kontak darurat dan simpan. Ketiga kontak darurat tersebut tersinkronisasi dan bisa langsung mendapat pemberitahuan di akun Grab.

Saat pelanggan menambahkan kontak darurat, mereka akan menerima SMS dari Grab yang memberitahukan bahwa kamu telah mendaftarkan mereka sebagai kontak daruratmu. Jika kontak daruratmu juga menggunakan Grab, mereka akan menerima in-app message, bukan SMS.

2. Aktifkan Emergency Button
Ketika merasa terancam, membaca gerak-gerik mencurigakan selama perjalanan, pelanggan diminta menekan 'Pusat Keselamatan' di bagian atas tampilan aplikasi Grab.

3. Bagikan Detail Perjalanan
Anda dapat membagikan rincian perjalanan kepada orang yang terdaftar di kontak melalui SMS atau aplikasi chat. Begitu kontak menerima pesan, mereka dapat melihat rute perjalanan, titik jemput, lokasi tujuan, detail informasi mitra pengemudi, hingga perkiraan waktu perjalanan selesai.

4. Laporkan Masalah Keselamatan
Penumpang dapat melaporkan masalah dalam perjalanannya dengan memilih opsi yang telah tersedia.

5. Dapatkan Bantuan
Jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respons Grab yang siaga 24/7 maupun mengirimkan tim satgas untuk menjemput ke lokasi Anda. (fef)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/2SiMDNC
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Gunakan 'Emergency Button' Grab Ketika dalam Bahaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.