Search

Ratusan Rumah di Pulau Sebuku Kalsel Hangus Terbakar

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan unit rumah penduduk di Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan hangus terbakar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun ANTARA di Kotabaru, Minggu, rumah yang terbakar lebih dari 300 unit rumah. Namun, belum diketahui apakah ada korban jiwa dan berapa kerugian yang diderita warga.

Polres Kotabaru telah menerjunkan tim untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah hampir satu desa di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.


"Kami tengah mengumpulkan saksi-saksi untuk dimintai keterangan. Dari hasil penyelidikan nanti, dapat disimpulkan apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian dari musibah ini, sehingga harus ada pihak yang bertanggung jawab secara hukum," terang Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Minggu (24/11).

Namun dari informasi sementara sejumlah saksi, ungkap Andi, api berasal dari rumah warga berinisial R.

"Tetapi ini hanya dugaan dari informasi warga. Belum bisa dipastikan, yang pasti kami dalami apakah ini bisa dinaikkan ke penyidikan atau betul-betul musibah tanpa harus dilakukan penegakan hukum," jelasnya kepada Antara.

Berdasarkan data yang diterima Polres Kotabaru, Andi menjelaskan jumlah bangunan yang terbakar sebanyak 200 rumah yang ditempati 700 jiwa. Bahkan Polsek Pulau Sebuku dengan asrama lima pintu ikut ludes rata dengan tanah.


Akun @zainabaathifah di Twitter membagikan foto bagaimana kebakaran itu telah meluluhlantakkan rumah penduduk di pulau itu.

Menurutnya, api menjalar dengan cepat sementara tim pemadam kebakaran sulit mencapai lokasi karena ada di pulau terpisah. Untuk mencapai pulau ini perlu 1 jam perjalanan laut menggunakan Speedboat atau 2 jam jika menggunakan kapal fery.

Untuk membantu para korban, Polres Kotabaru telah mengirimkan beberapa tenda guna pendirian posko bantuan. Kemudian tim medis juga disiagakan untuk melayani pemeriksaan kesehatan bagi warga yang membutuhkan.

"Sembako berikut peralatan mandi, perlengkapan bayi dan sebagainya juga terus dikirim. Semua bergerak membantu, ada perusahaan lokal juga bersama Pemda telah mendistribusikan bantuan. Sedangkan untuk mobilisasi bantuan, ada dua unit kapal Satuan Polairud yang kita operasikan," tandas Andi.

[Gambas:Video CNN]

Kebakaran besar melanda Desa Sungai Bali di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru pada Sabtu (23/11) malam. Api yang berkobar hingga Minggu dini hari itu menghanguskan ratusan rumah di tiga Rukun Tetangga, yakni RT 01, 03 dan 04, seperti dilansir Antara.

Pulau Sebuku terletak terpisah dari Pulau Laut yang jadi ibukota Kabupaten Kotabaru. Berada di sebelah timur Pulau Laut dan di sebelah barat Pulau Sulawesi, ibukota kecamatan Pulau Sebuku berada di Desa Sungai Bali yang jadi lokasi kebakaran.

Jarak yang di tempuh untuk menuju Pulau Sebuku dari Pulau Laut sekitar 1 jam perjalanan menggunakan speedboat mengarungi lautan lepas. (eks)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/34k2mQg
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Rumah di Pulau Sebuku Kalsel Hangus Terbakar"

Post a Comment

Powered by Blogger.