Search

Topi Hitler Disebut Laku Dilelang Rp777 Juta

Jakarta, CNN Indonesia -- Memorabilia Nazi termasuk topi top Adolf Hitler memukau dunia international ketika dilelang di Kota Munich, Jerman pada Rabu pekan ini. Balai lelang Hermann Historica menjelaskan berbagai memorabilia dilelang mulai pakaian, barang-barang pribadi milik petinggi Nazi hingga topi Hitler.

Untuk topi Hitler dikabarkan laku terjual dalam lelang 50.000 euro atau setara Rp777 juta, sementara barang-barang milik kekasih Hitler, Eva Braun cuma terjual 10.500 euro 9.003 atau Rp164 juta.

Seorang pembeli berani membayar Rp650 juta untuk buku karya Hitler, Mein Kampf, yang dulunya milik orang kedua Nazi setelah Hitler, Hermann Wilhelm Goring. Barang-barang lain yang dilelang yaitu milik Heinrich Himmler dan Rudolf Hess.

"Kejahatan Nazi sedang 'disepelekan' di sini," kata komisioner antisemitisme pemerintah Jerman Felix Klein kepada media lokal Funke dikutip dari AFP, Kamis (21/11).

"Mereka bertindak seolah-olah mereka memperdagangkan benda seni sejarah," ucapnya.

Kendati demikian, lelang benda memorabilia Nazi dilakukan di Jerman kerap mendapat penolakan dari sejumlah pihak. Bahkan mereka meminta untuk membatalkan acara lelang.

"Kami mendesak pihak berwenang Jerman untuk memaksa rumah lelang untuk membocorkan pembeli yang kemudian harus dimasukkan ke dalam daftar 'pengawasan' pemerintah," kata ketua Asosiasi Yahudi Eropa Rabbi Menachem Margolin.

Untuk diketahui banyak barang-barang milik para pemimpin Nazi disita oleh tentara Amerika Serikat (AS) saat Perang Dunia II berakhir. Gaun milik Braun contohnya, ditemukan di tumpukan barang hasil sitaan tentara AS pada Mei 1945 di Salzburg, Austria. (AFP/mik)

Let's block ads! (Why?)



from CNN Indonesia https://ift.tt/37yD430
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Topi Hitler Disebut Laku Dilelang Rp777 Juta"

Post a Comment

Powered by Blogger.